Sabtu, 31 Desember 2011

Membuat Pop Up Books

Bagaimana membuat POP UP Books





Pop up book adalah buku dengan elemen kertas dalam halaman-halaman yang dapat dimanipulasi oleh pembuatnya sehingga terlihat nyata. Pop up book dapat dilipat, dilem, atau tarik- sehingga membentuk elemen yang bergerak di dalam halaman-halaman cerita.



untuk membuat Unsur-unsur kertas bergerak dalam bentuk pop up memerlukan keahlian seorang paper engineer yang dapat secara efektif mendesain tiap detail elemennya. Perakitan dan pemotongan kertas biasanya cenderung mahal dan kompleks.

SEJARAH POP UP BOOKS

Sekitar 700 tahun yang lalu orang-orang menggunakan buku sederhana dengan bagian yang bergerak untuk mengajarkan tentang anatomi atau membuat prediksi astronomi. pembaca buku Pop up awalnya adalah orang dewasa, bukan anak-anak. Hal ini diyakini bahwa penggunaan pertama buku pop up dalam naskah untuk astrologi tahun 1306. Penyair Katalan Ramon Llull, dari Majorca, menggunakan disk bergulir atau volvelle untuk menggambarkan teori-teorinya. Selama berabad-abad volvelles telah digunakan untuk tujuan yang beragam seperti mengajar anatomi, membuat prediksi astronomi, menciptakan kode rahasia, dan menceritakan kekayaan. Dengan 1.564 buku lain astrologi bergerak berjudul Cosmographia Petri Apiani telah diterbitkan. Pada tahun-tahun berikutnya, profesi medis memanfaatkan format ini, menggambarkan buku anatomi dengan lapisan dan penutup menunjukkan tubuh manusia.
Pada pertengahan abad ke sebuah perusahaan Inggris memproduksi buku-buku tersebut untuk anak-anak, dan pada abad kedua puluh mereka telah menerbitkan lebih dari 50 judul.



Sebuah perusahaan Amerika bernama McLoughlin Brothers dari kota New York menghasilkan buku bergerak pertama di Amerika Serikat sekitar 1880. Pada tahun 1960-an Waldo Hunt seorang warga amerika membuat iklan di majalah terinspirasi oleh Pop up book dari Cekoslowakia. Hunt mulai memproduksi sendiri pop up book untuk konsumsi publik dan turut mempopulerkan pop up book hingga saat ini. Hari ini, buku pop up sangat populer di kalangan anak-anak karena lebih menarik, kreatif, unik dan lebih nyata.. banyak kartu ucapan dan iklan menggunakan metode pop up. buku-buku astronomi, geologi,dan dinosaurus juga mulai dibuat dengan metode pop up agar anak lebih tertarik membacanya.



Bagaimana cara membuatnya?

Bahan Baku

Pop up book biasanya menggunakan bahan baku kertas yang agak tebal dan berat, papan atau karton tebal untuk bagian cover depan dan belakang, lem untuk mengamankan cover, dan lem untuk lampiran pop up elemen. Beberapa perusahaan menggunakan pernis air atau minyak ada juga yang menggunakan film plastik sebagai bahan laminasi.

untuk membuatnya:
1. tentukan ide atau tema.. buku seperti apa yang ingin anda buat.
2. menentukan bagian mana yang akan bergerak dan bagian mana yang diam.
3. memastikan setiap detail elemen, dan bagian2 mana saja yang akan dipotong, dan bagian mana yang diberi perekat.
4. membuat dummy atau ujicoba gerakan dengan kertas karton putih atau dikenal dengan white dummy.

5. mengevaluasi gerakan white dummy dan melihat apakah tiap detail gerakan telah sesuai.
6. print bagian2 yang telah fix lalu rekatkan ke halaman buku.
7. menyesuaikan bagian pop up dengan teks tulisan agar terlihat pas dipandang mata.
8. Supaya keren bagian cover juga bisa dilapisi kain dengan motif lucu lalu dijahit..







ini video nya
[youtube]PQ8sr_9NyHY[/youtube]
[youtube]N5GmLVXsNyc[/youtube]
[youtube]ftmoqifJDtI[/youtube]

sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/Pop-up_book
http://www.popupbooks.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar